Rabu, 22 Februari 2017

Karya ilmiah lingkungan bisnis : tambal ban panggilan




KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS

TAMBAL BAN PANGGILAN








DISUSUN OLEH :
NAMA : ADNAN AGUS NUGROHO
NIM  : 16.12.9474
KELAS  : SI 08

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA


1
        1. ABSTRAK






 

           Susah ya rasanya, kalau tiba-tiba ban motor  mendadak bocor di tengah jalan. Dengan sedikit menahan rasa malu terpaksa harus menuntun motor mencari tempat tambal ban terdekat. Sayangnya menemukan tukang tambal ban itu gampang-gampang susah. Kadang secara kebetulan hanya 10 meter didepan tukang tmbal ban sudah menunggu. Kadang harus menuntun motor hingga ratusan meter belum juga ketemu tukang tambal ban. Di tambah lagi kalau kondisinya pada malam hari dan sedang hujan. Disitu tukang Tambal bal online/panggilan, sangat berjasa dan sangat kita butuhkan, tidak harus mencari tukang tambal ban di pinggiran jalan.  

     2. ISI





             Mungkin banyak yang memandang remeh usaha tembel ban ini, karena kerjanya kotor dan selalu terkena oli. Ada juga orang yang menganggap bahwa hasil yang didapat juga kecil. Tapi menurut saya, anggapan tersebut salah. Karena kalau anda bisa mengembangkan bisnis tersebut, maka anda bisa meraup untung yang lumayan besar, tidak hanya puluhan ribu tapi juga ratusan ribu bahkan bisa sampai jutaan rupiah.
  
     Berikut ini beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam menjalankan Usaha Jasa Tambal Ban Panggilan Sepeda Motor adalah :

    1. Miliki ketrampilan menambal ban
        Kita harus mempunyai keahlian atau ketrampilan menambal ban yang baik. Hasil tambalan tidak mudah bocor lagi dan dikerjakan dengan cepat.

    2. Melengkapi peralatan dan bahan
         Peralatan dan bahan yang harus dimiliki diantaranya kunci pas, kunci T, kunci inggris, congkelan, kunci roda, ember, palang, kuas, kotak kayu, dongkrak, alat bakar ban, pompa manual, lem ruber, bahan bakar minyak tanah atau solar dan beberapa ban persediaan. Kita juga hendaknya menyediakan ban persediaan ini untuk mengantisipasi bila ban konsumen yang akan kita tambal ternyata sudah tidak layak kita tambal lagi. Bisa juga karena sudah banyak tambalan yang tertempel pada ban tersebut atau memang konsumen pingin membeli ban yang benar-benar baru. Sediakan ban baru dengan tidak hanya satu merk saja. 

    3. Batasi wilayah operasional tambal ban kita
        Harus dibatasi wilayah yang menjadi bagian usaha tambal ban sepeda motor kita. Misalnya dalam satu kota, dalam satu kecamatan, atau dalam satu wilayah yang kiranya terjangkau oleh kita.

    4. Promosikan dengan baik
        Mempromosikan Usaha Jasa Tambal Ban Panggilan Sepeda Motor adalah langkah yang tidak boleh ditinggalkan. Promosi amat penting sekali. Promosi akan menciptakan pasar. Untuk mendapatkan hasil promosi yang efektif dan efisien, sebaiknya memakai media. Dengan membuat banner kecil sampai ukuran yang besar, misalnya. Bisa pula dengan cara sederhana yakni mengirim pesan sms melalui handphone. Untuk nomornya yang akan dikirimi, pilih saja dari nomor orang-orang yang kita kenal dahulu. Berikutnya bisa mengirimi nomor secara lebih luas lagi, tentu data nomor HP itu bisa diperoleh dari kawan atau saudara. Salah satu contoh isi pesan yang mungkin bisa ditiru adalah: “Kami membantu Anda yang mengalami masalah ban sepeda motornya bocor atau kempes. Cukup hubungi nomor 08xxxxxxxxxx. Siap meluncur ke lokasi anda yang berada di sekitar area ......... . Pelayanan tambal ban murah dan memuaskan.” Bisa juga dengan memanfaatkan jejaring sosial semacam facebook atau twitter.

    5. Catatlah transaksi yang terjadi
        Sekecil pun terjadi transaksi tambal ban, uang yang masuk harus dicatat. Demikian pula uang yang keluar untuk operasional. Pisahkan uang pribadi dengan uang yang khusus untuk operasional usaha. Pengalaman kebanyakan usahawan pemula, tercampur antara uang untuk pribadi dan uang untuk usaha. Akhirnya, mudah sekali uang untuk usaha digunakan untuk konsumsi pribadi. Habislah riwayat usaha itu. Sebetulnya, aturan semacam ini berlaku untuk usaha apapun, baik usaha skala kecil maupun besar. Disiplin harus dilaksankan sejak dini.

    6.Berilah servis yang memuaskan
         Berikan servis yang memuaskan. Pelanggan menginginkan proses penambalan ban cepat dan hasilnya pun bagus. Sikap ramah dan sopan juga mendukung kualitas pelayanan usaha tambal ban panggilan ini.

  
      3  REFERENSI






0 komentar:

Posting Komentar